Thursday, December 24, 2009

Survei Tingkat Kepuasan Nasabah Asuransi

Dalam memilih perusahaan asuransi kita harus meneliti lebih jauh perusahaan asuransi yang kita pilih seperti kinerja perusahaan, kesehatan perusahaan dan kredibilitas dari perusahaan tersebut.

Pada Bulan Oktober 2008, tepatnya tanggal 22 Oktober – 31 Oktober 2008 Tim Riset majalah Stabilitas di Jakarta mengadakan Survie Tingat kepuasan nasabah asuransi.

Medodologi yang digunakan dalam survei ini adalah wawancara melalui telepon, interview personal dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data.

Respon yang dijaring adalalah nasabah yang berusia diatas 20 tahun yang sebagian besar berdomisili dijakarta. Dengan total jumlah responden sebanyak 100 orang yangh dipilih secara acak, estimasi sampling erorr sebesar +/- 5,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Hasil survei menunjukkan bahwa;
36% responden menyatakan sangat puas dengan kinerja asuransi yang dimilikinya,
59% menyatakan cukup dan tidak puas
5% menyatakan tidak tahu.

Sementara alasan terbesar nasabah memilih asuransi :
32% menyatakan jaminan dari tempat bekerja,
25% menyatakan jumlah dan resiko yang dicover asuransi,
13% menyatakan premi yang terjangkau,
8% menyatakan besarnya nilai pertanggungan
22% menyatakan seperti ajakan teman, keluarga, berjaga-jaga dan return dari Investasi.

Dari 46 Asuransi Jiwa yang beroperasi sampai dengan oktober 2008, ternyata hanya beberapa perusahaan asuransi saja yang memberi kesan mendalam ( Top in Mind) di benak nasabah.

Hal ini tercermin dari hasil survei bahwa PT PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE adalah perusahaan asuransi yang paling diingat dengan persentase mencapai 37,30% diikuti oleh AJB Bumiputera, Alianz Life masing-masing 10,45%, Jiwasraya 8,96%, Bringin Life dan AIG Lippo Life masing-masing 7,46 %.

Prudential Life Assurance memang layak menjadi asuransi yang paling mudah diingat nasabah. Prudential pada Kwartal ke III berhasil meraup premi sebesar IDR 5,3 triliun.

Nilai premi ini setara dengan 20% dari total premi industri asuransi jiwa sebesar IDR 26,3 triliun.

Dikutip dari Majalah Stabilitas hal 62, Edisi No.35, 2008
http://bisnisjm.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment