Tuesday, November 17, 2009

Mengenal Cita-cita atau Impian



Mengenal cita – cita atau impian sangatlah penting dalam berbisnis, karena impian inilah yang biasanya mendorong atau memotivasi seseorang untuk melakukan suatu usaha / bisnis. Bila cita-cita / impian (goals) seseorang belum jelas maka semangat orang tersebut untuk berusahapun tidak jelas. Untuk itu kenalilah impian Anda dengan jelas, tegas dan lebih spesifik.


TIDAK ADA KEBERHASIL AAN YANG BISA DICAPAI TANPA TUJUAN YANG JELAS!

Ingat bahwa berdasarkan survey, dari semua orang di dunia ini, 27% dari mereka sama sekali tidak mempunyai tujuan yang jelas dalam hidupnya, 60% dari mereka mempunyai tujuan yang agak samar, 10% dari mereka mempunyai tujuan yang jelas dan 3% sisanya, bukan hanya memiliki tujuan yang jelas tapi menulis tujuan mereka tersebut. Dan telah terbukti bahwa yang 3% itu sekarang memiliki hidup yang lebih baik, penghasilan yang ribuan kali lebih besar dari yang lainya.

Jangan membuat impian yang samar, misal “saya ingin maju” tentunya impian tersebut terlalu samar dan luas, karena seberapa kemajuan yang anda inginkan masih belum jelas dan tegas. Buatlah impian seperti;

  • Lagi 1 bulan saya memiliki sebuah sepeda motor mio
  • Dalam 1 Semester keuntungan dari bisnis saya 20 x lipat dari bulan ini.
Contoh-contoh diatas sangat jelas, tegas dan spesifik, sehingga dari impian tersebut anda akan dapat menyusun rencana yang jelas juga untuk mencapai mpian anda tersebut.

Menggambarkan impian anda:
Apakah anda sekarang mempunyai kehidupan yang seimbang (balance) dalam segala aspek kehidupan? Ada 6 aspek kehidupan yang perlu anda ukur:

  1. Apakah anda puas dengan kehidupan keluarga anda? Ini menyangkut waktu luang untuk keluarga, pendidikan keluarga dan anak-anak anda serta liburan keluarga, Dll.
  2. Apakah anda cukup puas dengan keadaan keuangan anda? Ini menyangkut penghasilan , taraf hidup anda, dan masalah utang piutang.
  3. Apakah anda puas keadaan mental anda sekarang? stress atau bahagia.
  4. Apakah anda puas dengan keadaan fisik anda? Ini mengenai kesehatan.
  5. Apakah anda puas dengan lingkungan social anda? Mengenai lingkungan pergaulan dan teman – teman.
  6. Apakah anda merasa puas dengan kehidupan sepirtual anda? Tentang pendekatan diri dengan Tuhan YME, baik dengan sedekah, naik haji, perjalanan suci dll.

Capailah impian anda bersama kami, segera bergabung disini

No comments:

Post a Comment